Problem: Suatu konflik teknologi (permainan video game) antara generasi lama dan generasi baru.

– Tanggapan sederhana atas frasa Romo Magnis, “Mengambil sikap atas dasar rasa kecewa adalah tanda mental yang lemah. Orang yang mentalnya baik tak akan mengizinkan rasa kecewa memengaruhi keputusannya,” atas opini beliau di Kompas (12 Maret 2019) (1), serta counter-attack bagi pengritik Romo Magnis.

(Introduksi) Dalam kultur modern, permainan video game adalah salah satu penemuan. Banyak jenis permainan yang bisa memainkan bersama generasi baru melalui internet dan teve. Jadi, itu tak hanya suatu permainan tapi juga suatu pekerjaan untuk programer permainan.

(Tesis) Permainan video game dilahirkan melalui teknologi. Ilmu informatika mengubah cara pandang kita secara cepat. Generasi baru memiliki ketertarikan dengan domain ini, tapi generasi lama berpikir penemuan ini, video game, adalah hantu bagi generasi muda.

(Antitesis) Lalu, konflik muncul antara generasi lama dan generasi baru yang memiliki setiap pemahaman tentang teknologi melalui video game. Efek pembangunan secara cepat membuat generasi lama yang tak mengikuti orientasi pemikiran tentang generasi baru.

(Sintesis) Kita tahu bahwa jarak zaman antara mereka, generasi lama dan generasi baru, adalah suatu konflik yang harus dikurangi melalui dialog untuk memproduksi hasil, yaitu, pemahaman zaman bersama perbedaan teknologi antara satu dengan yang lain.

(Konklusi) kita bisa mendapatkan satu kesimpulan bahwa setiap zaman memiliki teknologinya masing-masing.

: Penggemar kecil Romo Magnis, pengagum budaya Prancis dan Jerman.

(1) https://rumahfilsafat.com/2019/03/12/golput-tulisan-franz-magnis-suseno/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s