Untuk Setiap Pelarangan Buku Kiri: Andai M. Natsir, Sahabat Aidit, Masih Hidup.

Gerakan buruh Eropa, kaum revolusioner Bolshevik, gerakan-gerakan pembebasan Dunia Ketiga – semuanya bertumpu kepada Kapital karya Marx, yang bukan saja mengkaji cara kerja kapitalisme, melainkan juga seakan-akan meramalkan kehancurannya. – Mathias Greffrath, jurnalis surat kabar Süddeutsche Zeitung. (1)

Di Kediri, toko buku (kecil) yang menjual buku berbau Marxisme-Leninisme disidak Tentara (2), yang mana tokoh Islam yang penulis kagumi, M. Natsir, dan sahabat DN. Aidit, di luar konteks ideologi, dalam M. Natsir di Panggung Sejarah Republik—dan dilupakan oleh para pemuda Islam Indonesia—pernah berkata: [TNI] menimbulkan anggaran yang besar bagi Negara.

Pertanyaannya sekarang, apakah Tentara berani menyidak buku Kiri yang berada di Institusi (Sekolah Bahasa) milik Kedutaan Besar Jerman (atau Prancis) yang mana penulis sangat nyaman untuk membaca buku-buku Kiri yang tersedia? Jika berani, maka akan masuk ke dalam konflik wilayah yang berat, hubungan diplomatik. Dan seperti kata Hatta, wakil presiden, pengaruh terbesar penulis, yang membaca Kapitalisme-Sosialisme-Komunisme:

Indonesia hanya menang di wilayah kebudayaan, sangat, sangat kaya; akan tetapi tentang ekonomi, Negara yang dicintai Bung Hatta ini, masih masuk ke dalam kategori menengah-bawah.

Oleh sebab itu, tak perlu takut pada buku Kiri khususnya Marxisme-Leninisme (Komunisme) karena telah gagal menjalankan sistem. Tambahan lagi, konsep pembangunan ekonomi 5 tahunan itu juga berasal dari Marxisme-Leninisme yang dijalankan oleh Indonesia sekarang ini (3). Marx dengan embel-embel ‘isme’, hanya secuil dari pemikiran para Ilmuwan Islam, dari Ibnu Khaldun hingga Ibnu Sina, seorang dokter, yang menggratiskan ilmunya untuk siapapun, baik kelas bawah hingga kelas atas.

Salam dari calon menantu idaman para mertua yang (kadang-kadang) salih dan pengagum Sosialisme—lawan ideologi dari Komunisme—Indonesia, Prancis dan Jerman.

(1) MEMBACA ULANG “DAS KAPITAL” – Goethe Institut https://www.goethe.de/ins/id/id/kul/mag/21144973.html

(2) https://www.merdeka.com/peristiwa/tni-ad-sita-ratusan-buku-bertema-komunis-di-pare-tulisan-soe-hok-gie-ikut-diamankan.html ; https://swararakyat.com/beredar-buku-buku-propaganda-pki-dijual-bebas-di-kediri/ ; https://nasional.tempo.co/read/1159258/list-buku-berkata-pki-yang-disita-tni-ada-buatan-nu-soekarno ; https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-39208090

(3) https://id.wikipedia.org/wiki/Rencana_lima_tahun_bagi_perekonomian_nasional_Uni_Soviet

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s