Kawan-Kawan Muda Hubungan Internasional, UGM.

-L’éducation, c’est la famille qui la donne ; l’instruction, c’est l’Etat qui la doit. [Pendidikan, adalah keluarga yang memberikannya; Instruksi, adalah Negara yang mengharuskannya] – Victor Hugo.

Senang rasanya melihat kawan-kawan muda seperjuangan dalam kelas bahasa Prancis meraih impiannya masing-masing, meskipun hanya dua tingkatan, sekitar enam bulan. Nadia (Cah Solo), Oka (Arek Surabaya) dan Mega (Anak Bekasi/Jakarta) adalah kawan-kawan muda dari Komahi FISIPOL UGM, mereka sangat aktif, daya serap bahasa mereka luar biasa. Saya yang lebih tua sekitar enam atau tujuh tahun benar-benar kepayahan meladeni semangat mereka. Mudahnya seperti ini, untuk proses pemahaman seperti menghafal rumus konjugasi bahasa, mereka hanya sekali, sementara saya harus dua kali.

Di dalam kelas itu, melalui sistem metode pedagogi, perbedaan terbungkus dalam persamaan, seperti kepala dengan isi keilmuan teknik sipil/arsitektur harus bertemu dengan kepala dengan isi keilmuan politik, kepala dengan isi keilmuan ekonomi, kepala dengan isi keilmuan sastra atau kepala dengan isi keilmuan seni. Rumus singkatnya: Teknik+Politik+Ekonomi+Sastra+Seni => Bahasa.

Semoga mereka masih menyimpan bara semangat untuk merantau ke Tanah Napoleon Bona dan Rong-Rong, yang memang unggul di ilmu-ilmu sosial; lain dengan Jerman yang unggul dalam Iptek.

Tangani Kasus Persekusi JAI Lombok Timur: bukan sekedar Menyapu Debu ke bawah Karpet – Oleh: Nadia Fausta Azhara (Peneliti Muda Setara Institute).

https://hakberagama.or.id/tangani-kasus-persekusi-jai-lombok-timur-bukan-sekedar-menyapu-debu-ke-bawah-karpet/?fbclid=IwAR2gfO1LL4C5R6QDgflclknKwxW3KQe-ac9RV0vWkARHZjobzUlp15snvac

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s